Tahun 2017 sebagai tahun mewabahnya teknologi virtual reality. VR gaming memungkinkan untuk menikmati pengalaman terlibat dan berinteraksi dalam lingkungan yang ada dalam game. Beberapa sumber bahkan menyatakan virtual reality merupakan lini paling di bidik oleh para investor. Beberapa perusahaan raksasa seperti Facebook, Google dan Intel telah memulai investasi ini. Tahun 2018
Oculus
Rift, HTC Vive, Playstation VR adalah tiga headset virtual
reality besar yang dijadwalkan rilis tahun ini. Selain Sony yang mengganti nama
Project Morpheus menjadi Playstation VR ntuk menanamkan kesan “gaming” yang
mendalam, pesaing lainnya juga mengincar pasar gaming sebagai tempat berlabuh
utama. Intel mengembangkan teknologi VR pada kamera Razer untuk
dijadikan kontroler game.
Perangkat PC dan notebook
gaming pun kini mulai berlomba untuk “menjual” fitur VR ready
mereka. Gamer mobile juga pastinya akan kecipratan teknologi baru ini. Mulai
dari Samsung Gear VR, smartphone, hingga perangkat wearable modern saat ini pun
mulai dihadirkan dengan berbagai fitur yang akan mendukung penggunaan VR untuk
gaming.
Cara Kerja VR
Gambaran umum cara kerja Virtual Reality (VR) |
Cara kerja virtual reality menggunakan
beberapa teknologi secara bersamaan. Head mounted display (HMD) yang paling utama dan menggunakan
teknik yang disebut dengan streoscopyyang
menempatkan gambar berbeda pada setiap mata. VR Oculus Rift yang menggunakan
LCD screen tunggal dengan kedalaman warna 24 bits/pixel dan 1,000-Heartz denga tujuan mengurangi latensi untuk
meningkatkan kualitas dari gambar selagi HMD bergerak. Trik perpindahan gambar yang menyesuaikan
dengan gerakan penggunanya merupakan cara untuk mempengaruhi otak kita
supaya berfikir berada didunia nyata dan hal tersebut merupakan komponen
kunci dari VR.
Head tracking
Head tracking adalah disaat kita
menggunakan VR headset, gambar yang berada tepat pada pandangan kita, selagi
melihat keatas, kebawah dan melihat ke kiri dan kanan, Sistem tersebut disebut
dengan 6DoF (Six degrees of freedom).
Terdapat beberapa komponen internal
yang berbeda yang di tempatkan untuk menghasilkan head tracking, antara lain gyroscope, accelerometer dan magnetometer. Jika
melihat perangkat Sony PSVR,
mereka menambahkan LED pada bagian headset untuk membantu 360 derajat
head-tracking sedangkan pada perangkat Oculus juga terdapat LED tetapi tidak menghasilkan cahaya
seperti kepunyaan Sony.
Head-tracking lebih efektif jika
memiliki latency kecil, mengapa? contohnya 50ms untuk mengurangi
dan mendeteksi lag atau keterlambatan antara kita menukar arah pandang
sembari pertukaran gambar pada display. Lag ini tentunya menjadi tantangan
dan perlu menjadi perhatian bagi kita yang berkeinginan membeli perangkat VR,
salah satu perangkat VR dari Oculus sudah memperkecil lag-nya hingga 30
millisecond.
Eye Tracking
Eye tracking bisa dibilang tujuan
akhir dari VR. Sekarang ini Rift, Vive atau PS VR belum mendukung Eye Tracking,
tetapi ini bisa menjadi tujuan dari pengembangan headset VR seperti yang
diperkenalkan oleh FOVE’s.
Cara
kerjanya,
pada bagian dalam headset terdapat sensor infrared yang memonitor mata kita
jadi perangkat tersebut mengetahui kemana arah pandang dari penggunanya saat
berada di virtual reality. Kelebihan dari Eye Tracking jika digunakan disaat
bermain game adalah karakter yang kita mainkan bisa beraksi kearah mana mata
memandang, maka diharapkan penggunya mendapatkan pengalaman yang lebih
realistis
Motion tracking
Motion
tracking sampai
saat sekarang masih dalam tahap pengembangan. Tetapi baru-baru ini Oculus memperkenalkan kontroller
melalui perantara wireless yang di desain agar penggunanya merasakan seolah
olah menggunakan kedua tangannya saat menggunakan VR. Kontroller tersebut
dibekali sensor yang dapat mendeteksi pergerakan seperti pointing dan waving.
Cara kerja
virtual reality dengan fitur motion tracking mungkin
yang lebih familiar dan mendekati Xbox controller dan joystick PC, voice kontroller,
Viruix Omni yang mana dapat menstimulasi seolah olah kita berjalan didalam apa
yang terlihat atau game itu sendiri secara langsung.
Beberapa contoh Game VR :
- Edge of Nowhere
Sunset Overdrive penggagas Insomniac
Games akan merilis Edge of Nowhere, game ekslusif yang hanya bisa kompatibel
dengan Oculus Rift. Game bergenre survival horror ini akan membawa Anda ke
nuansa pegunungan es dan memberikan pengalaman yang unik bagi Anda yang
memainkannya dengan Oculus Rift. Pengguna headset VR dapat mengendalikan
pandangan player dari sudut pandang orang ketiga. Selain itu, Anda juga bisa
mengendalikan fokus, berinteraksi dengan beberapa karakter dalam game, dan
melawan berbagai macam mahluk mengerikan dalam Edge of Nowhere.
- The Deep
Sensasi bermain game dibawah dasar
laut yang gelap dengan ikan predator besar yang menyeramkan dapat Anda rasakan
kala memainkan The Deep dengan Project Morpheus. Anda akan berusaha
mengeluarkan diri dari kandang yang sesak dan menyaksikan predator laut yang
besar menghadang jalan dan berusaha menggerogoti kandang. Tampaknya Anda akan
benar-benar merasa seperti menyelam dibawah laut dan berusaha menghindari ikan
hiu ganas yang siap memangsa. Sepanjang permainan ini, Anda harus mencari
strategi untuk meninggalkan kandang dan bersembunyi dari kejaran hiu ganas
tersebut.
- Rigs
Saat Sony membahas Project Morpheus di
konfrensi pers E3 2015, perusahaan tersebut juga sempat menampilkan trailer
Rigs. Game ini mengusung player yang dapat melakukan tembakan yang mengandalkan
mekanisme tertentu. Sepintas game ini cukup mirip dengan Monday Night Combat.
Di antara begitu banyak game virtual reality bergenre horror, Rigs menawarkan
sensasi permainan tembak-menembak yang hingar-bingar dan nyata. Apabila Anda
menggunakan Project Morpheus kala memainkan game ini, Anda juga bisa merasakan
sensasi seperti berada di medan tembak yang sesungguhnya.
KESIMPULAN
Cara kerja
virtual reality pada headset, semuanya akan terlihat
jelas yang mana berbeda dengan dunia nyata. Jika kita melihat fokus ke object
yang jauh tentunya object yang berada disekitar kita akan menjadi tidak
fokus dan terlihat blur, nah kedepannya dengan adanya Eye Tracking
tentunya pengalaman virtual reality akan terasa lebih nyata.
DAFTAR PUSTAKA
http://montoska.com/penjelasan-cara-kerja-virtual-reality-vr/
https://carisinyal.com/?p=5001